Juni 25, 2024

Tanggerang – Bhayangkarapos.com

Aipda Ikrar Dinata, personel Polri yang mengemban fungsi bhabinkamtibmas di Desa Sukamulya, Kecamatan Sukamulya, Kabupaten Tangerang, menjadi bhabinkamtibmas terbaik Polresta Tangerang Polda Banten tahun 2024.

Ikrar yang bertugas di Polsek Balaraja, dinilai layak mendapat apresiasi lantaran keberhasilan menjalankan tugas membina masyarakat. Ikrar juga berhasil mendorong peningkatan kesehatan dan perekonomian warga melalui gerakan kelompok tani.

“Aipda Ikrar Dinata memprakarsai dibentuknya Kelompok Agro Tani Tunas Harapan. Kelompok tani yang memiliki hasil sayuran yang dapat dipanen dalam hitungan 18 hari seperti kangkung, bayam, dan lainnya,” kata Kapolresta Tangerang Kombes Pol Baktiar Joko Mujiono, Senin (10/6/2024).

Di kelompok tani itu, Aipda Ikrar didapuk menjadi pembina. Dengan adanya kelompok tani itu, terjadi langkah pemanfaatan lahan menjadi lebih produktif.

“Semula lahan serba guna kemudian berganti menjadi Kawasan Binaan Agro Tani Tunas Harapan yg sampai saat ini sudah berjalan 2 tahun,” ucap Baktiar.

Sejak ditugaskan di desa itu, Aipda Ikrar perlahan mulai menghidupkan dan mempelopori sektor pertanian dengan mengadakan pembinaan dan pengelolaan secara Langsung bersama warga.

Langkah itu mendapatkan respons positif dari masyarakat sehingga terbentuklah kelompok tani yang beranggotakan 82 orang.

Adapun jenis tanaman yang ditanam diantaranya pare, bawang merah, kangkung, bayam, cesim, jagung, timun suri, kacang panjang, oyong atau gambar, timun lalap, kacang tanah, pepaya, padi, terong, dan cabai.

“Serta ada ternak ikan lele yang dipanen 3 kali dalam setahun. Untuk padi dipanen 2 kali dalam setahun, timun lalap dan pare bisa 15 sampai 20 kali dalam setahun,” papar Baktiar.

Di samping itu, Aipda Ikrar juga tercatat sudah melakukan 63 kali problem solving atau pemecahan masalah. Ini artinya, Aipda Ikrar sudah 63 kali memediasi perselisihan di masyarakat hingga berujung perdamaian. Dengan demikian, kerukunan antar warga senantiasa terjaga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *