Juli 25, 2024

Bhayangkara Pos.Com

Belitung, POPDA tingkat Kabupaten Belitung ke XII hari ini Senin (29/01/24) dibuka secara resmi oleh PJ Bupati Belitung bertempat di Gedung Serba Guna Pemkab. Belitung ditandai dengan pemukulan gong sebanyak tujuh kali dan penyerahan tropy bergilir yang sebelumnya diraih oleh SMP Negeri 2 Tanjungpandan kepada panitia penyelenggara.

Dalam sambutannya diharapkan seluruh peserta yang ngikuti enam Cabang Olahraga (Cabor) yaitu Pencak Silat, Sepak Takraw, Tenis Lapangan, Bola Basket dan Tinju, agar tetap menjaga kekompakan dan kebersamaan, semangat dan disiplin bertanding serta menjunjung tinggi sportifitas. Kalaupun kalah janganlah menyalahkan juri atau wasit tetapi tetap menerimanya dengan jiwa besar, dan apabila menangpun maka menanglah dengan secara terhormat agar hasil yang diraih akan mampu menjadikan prestasi berharga dan membanggakan baik ditingkat Regional, Nasional bahkan Internasional.

Pengembangan bakat terhadap olahraga harus terus dipupuk sejak dini, kepada pihak sekolah, para pelalih, serta guru untuk terus memacu siswa dan siswi agar terus mencintai olahrga sesuai minat dan kemampuannya, yang tentunya juga didukung oleh gizi yang cukup untuk pengembangan fisik dan mental.

POPDA menjadi pilar dalam pembinaan olahraga daerah dimana dalam kegiatan ini akan muncul atlit-atlit yang berbakat dan berprestasi untuk mengharumkan nama baik daerah.

Pada bagian lain ketua panitia Sukaria, S.AP menjelaskan bahwa kegiatan POPDA KE XII ini diikuti oleh seluruh pelajaran dari semua jenjang dengan batasan kelas maksimal kelas X atau kelahiran 1 Januari 2007 dan seterusnya.

Lokasi atau arena pertandingan untuk masing-masing cabang olahraga tidak sama, cabang Pencak Silat di Gedung Serba Guna, cabang Tinju bertempat di Gedung Nasional, Bulu Tangkis di Hall Abadi, Tenis Lapangan di Husein, Sepak Takraw di Hall Bermuda, dan Bola Basket di Lapangan Garuda semuanya di kecamatan Tanjungpandan. Untuk cabang Sepak Bola dan Volly seleksinya sudah dilakukan pada tahun kemarin (2023) dalam kontek liga Bupati Belitung. Jadi untuk POPDA Provinsi kedua cabang olahraga ini sudah selesai diseleksi.

Bagi para atlit yang terpilih untuk mengikuti lomba atau tanding di tingkat provinsi nanti akan kita lakukan Training Center (TC) berjalan pada bulan Februari nanti. khusus sepak bola dan volly bahkan mereka sudah mengikuti Try Out.

Biaya kegiatan ini bersumber dari dana APBD Tahun Anggaran 2024 melalui Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Belitung.

PJ Bupati Belitung Yuspian, S.Sos, M.I.R menutup wawancaranya menegaskan bahwa “seluruh atlet yang menjadi juara ditiap-tiap cabang olahraga harus diikutsertakan ke tingkat provinsi atau jenjang selanjutnya, sehingga tidak menimbulkan kekecewaan bagi atlet, orangtua dan pelatihnya.” (TIM.Bpos)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *