Pembentangan Bendera Merah Putih Oleh TNI-Polri dan Forkopimda Kalsel di Pantai Batakan Baru

Berita, Olahraga130 Dilihat

Banjarmasin,Bhayangkarapos.com 

Berbagai bentuk dan acara dilakukan untuk memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-78, seperti yang dilaksanakan di Pantai Batakan Baru, Kecamatan Panyipatan, Kabupaten Tanah Laut yaitu pembentangan Bendera Merah Putih sepanjang 250 meter, Sabtu (12/8/2023).

Bendera merah putih dengan ukuran 4×250 meter ini di bentangkan bersama-sama dengan tujuan untuk mengenang perjuangan para pahlawan yang telah berjuang demi kemerdekaan dan kemajuan Indonesia, karena kemerdekaan yang kita nikmati seperti saat ini bukanlah suatu hadiah atau pemberian dari negara lain, melainkan hasil dari perjuangan dan pengorbanan dari para pendahulu dan pahlawan kita yang dilandasi dengan semangat persatuan dan kesatuan. Sedangkan bertempat di Pantai Batakan Baru dikarenakan tempat ini  pernah dijadikan Pendaratan Divisi IV ALRI untuk perjuangan mempertahankan kemerdekaan.

Kegiatan diawali dengan “gowes” bersama karena bersepeda tidak ada yang berjalan mundur, dengan bersepeda akan selalu bergerak maju, hal ini sesuai dengan Tema Kemerdekaan RI Ke-78 yaitu “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju” yang berarti mengajak semua elemen masyarakat untuk bergerak maju dan berkolaborasi demi mewujudkan Indonesia yang lebih maju, adil, dan sejahtera.

Gowes dimulai dari Makorem 101/Antasari  menuju Pantai Batakan dengan jarak tempuh 105 Kilometer. Dilanjutkan dengan pembentangan Bendera Merah aputih di Pantai Batakan secara bersama-sama oleh TNI-Polri dan Forkopimda Kalsel dan diakhiri dengan Pekik Kemerdekaan/Ikrar oleh Gubernur Kalsel yaitu “Banua Untuk NKRI”, dan Kapolda Kalsel “TNI-Polri Sinergi Untuk Negeri”, serta Danrem 101/Antasari “NKRI Harga Mati”.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Gubernur Kalsel diwakilkan Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Sulkan, S.H., M.M., Kapolda Kalsel Irjen Pol Andi Rian R Djajadi, S.I.K., M.H., Danrem 101/Antasari Brigjen TNI Ari Ariyanto, S.E., M.I.P.,  Kabinda Kalsel Brigjen Pol Nurullah, S.H., M.H., Kepala BNN Kalsel diwakilkan Kabag Umum BNN Kalsel H. Wahyuni S.K.M, M.M., Danlanud Sjamsudin Noor Kolonel Pnb Vincentius Endy H.P., M.Han., Danlanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Agus Setiawan, S.H.

(Pen Lanal Banjarmasin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *