Jumat Curhat warga manado dengan Polisi di kedai kopi Marina Plaza.

Berita115 Dilihat

Bhayangkarapos.com  Jumat 28/04/2023 pagi Ditbinmas Polda Sulawesi Utara (Sulut) dan Satbinmas Polresta Manado menggelar kegiatan rutin “Jumat Curhat”, di kedai kopi Marina, kawasan Marina Plaza.
Pada kegiatan ini dihadiri oleh Ditbinmas dan Kabid Humas Polda Sulut, Kapolresta Manado beserta Wakapolres dan Kasat. Sedangkan para peserta di antaranya sopir angkot warga masyarakat dan wartawan.

Adapun hal yang disampaikan para peserta dalam Jumat curhat di antaranya tentang masalah gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kantibmas) dan permasalahan lalulintas di kota manado. Salah satu masyarakat mengeluhkan bahwa, masih maraknya aksi pencurian kendaraan bermotor khususnya kendaraan roda dua, kemudian miras dan senjata tajam yang sangat meresahkan warga masyarakat.

Menanggapi kasus curanmor, Kapolresta Manado Kombes Pol Julianto Sirait mengatakan,dari sekian banyak laporan yang di terima,masih banyak ditemukan bahwa curanmor terjadi karena kelalaian korban atau pemilik kendaraan.

” Paling banyak karena tidak dikunci stang atau stir,kemudian kunci kontak masih tertinggal di kendaraan. Maka dari itu,mari di ingatkan kepada keluarga kita dan masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan dan antisipasi untuk mencegah terjadinya pencurian “, Kata Kapolresta Manado.

Terkait masalah minuman beralkohol,pengaruhnya adalah hilangnya kesadaran diri yang bisa memicu timbulnya gangguan kamtibmas seperti keributan bahkan hingga tindak pidana”, lanjutnya.

” Untuk mengantisipasi hal hal tersebut termasuk kasus senjata tajam,kita punya beberapa program kegiatan,salah satunya “Patroli Sibulan” Atau Sikat pemabuk jalanan yang dilaksanakan setiap hari oleh Polresta Manado dan Polsek Jajaran.Dan Alhamdulillah,Puji Tuhan,trending kriminalitas kota Manado ini sudah turun “, jelas Kapolresta Manado.

Pihaknya juga menghimbau warga masyarakat agar tidak mengonsumsi minuman beralkohol dan membawa senjata tajam tanpa izin.

” Mari kita sama sama mempertahankan keamanan yang baik di kota Manado “, Lanjutnya.

Sedangkan terkait permasalahan lalulintas khususnya penertiban trayek angkutan umum,Kapolersta Julianto Sirait menerangkan, akan membahasnya lebih lanjut bersama pihak terkait sehingga diharapkan ada solusi terbaik.

Sementara itu Dirbinmas Polda Sulut Kombes Pol Dumadi Menerangkan terkait Pengamanan swakarsa.

” Pengamanan swakarsa ini bertugas menjaga situasi keamanan dan ketertiban di lingkungan secara swakarsa untuk mencegah terjadinya gangguan kamtibmas. Pengamanan swakarsa itu teridiri atas satpam dan satkamling,juga ada yang berasal dari prata sosial atau kearifan local”,kata Kombes Dumadi.

Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol Lis Kristian menambahkan di penghujung kegiatan,bahwa Polda Sulut dan Jajaran Sejak 18 Aprl hingga 1 Mei mendatang melaksanakan oprasi ketupat samrat 2023 dalam rangka mengamankan dan mengawal idulfitri fitri 1444 H.

Lanjutnya, dalam rangkaian hari raya Idul fitri,baik saat bulan ramadan,hari H maupun pasca Idul Fitri,terjadi peningkatan aktifitas masyarakat dan volume kendaraan.

“Sampai saat ini (Jumat) adalah hari ke 11 pelaksanaan oprasi ketupat samrat 2023 dan petugas masih disiagakan.Khususnya pasca Idul Fitri,kita mengantisipasi arus balik.
Agar masyarakat yang beraktifitas terutama yang melakukan perjalanan arus balik tetap merasakan aman nyaman di perjalanan,” Tambahnya.

Kombes Pol Lis Kristian Menghimbau masyarakat agar berhati hati dalam perjalanan,karena masih dalam suasana arus balik.
“Mengingat volume kendaraan Dan aktifitas masyarakat masih cukup tinggi, bagi masyarakat yang beberapa hari kedepan melakukan perjalanan keluar kota agar berhati hati. Saling menjaga keamanan dan keselamatan sesama pengguna jalan. Sehingga terwujud perjalanan yang aman dan nyaman sampai tujuan”, tambah Kombes Pol Lis Kristian.

(Ricky Bp Manado).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *